Unborn 8.0 Red Pointer

Get More Information from this blog..

Kamis, 10 November 2011

Great Barrier Reef


Share this history on :
Great Barrier Reef

  
Great Barrier Reef adalah fitur yang berbeda dari divisi Australia Timur Cordillera. Ini mencakup Murray kecil Kepulauan. Ia mencapai dari Selat Torres (antara Bramble Cay, pulau yang paling utara, dan pantai selatan Papua New Guinea). Di utara ke bagian yang tidak disebutkan namanya antara Lady Elliot Island (pulau paling selatan nya) dan Pulau Fraser di selatan. Lady Elliot Island terletak 1.915 km (1.190 mi) tenggara Bramble Cay sebagai burung gagak lalat.

Australia telah bergerak ke utara dengan kecepatan 7 cm (2,8 in) per tahun, mulai selama Cainozoic. Australia Timur mengalami masa pengangkatan tektonik, yang bergerak kesenjangan drainase di Queensland 400 km (250 mil) pedalaman. Juga selama waktu ini, Queensland mengalami letusan gunung berapi yang menyebabkan arus pusat dan perisai dan basal gunung berapi. 


Beberapa singkapan granit telah menjadi pulau yang tinggi. Setelah Coral Sea Basin terbentuk,. Terumbu karang mulai tumbuh di Cekungan , tapi sampai sekitar 25 juta tahun yang lalu, Queensland utara masih di perairan beriklim selatan-tropis terlalu dingin untuk mendukung pertumbuhan karang sejarah pembangunan The Great Barrier Reef adalah kompleks;. setelah Queensland hanyut ke perairan tropis, sebagian besar dipengaruhi oleh pertumbuhan karang dan penurunan sebagai permukaan laut berubah. Mereka dapat meningkatkan diameter sebesar 1 sampai 3 sentimeter (0,39-1,2 dalam) per tahun, dan tumbuh secara vertikal saja dari 1 sampai 25 cm (0,39-9,8 dalam) per tahun. ;. Namun, mereka tumbuh hanya di atas kedalaman 150 meter (490 kaki) karena kebutuhan mereka akan sinar matahari, dan tidak bisa tumbuh di atas permukaan laut. 

Ketika Queensland beringsut ke perairan tropis 24 juta tahun yang lalu, karang beberapa tumbuh, tetapi rezim sedimentasi cepat dikembangkan dengan erosi dari Great Dividing Range; menciptakan delta sungai, merembes dan turbidites, kondisi tidak cocok untuk pertumbuhan karang. 10 juta tahun yang lalu, permukaan laut secara signifikan menurunkan, yang selanjutnya memungkinkan sedimentasi.substrat terumbu karang mungkin diperlukan untuk membangun dari sedimen sampai tepi terlalu jauh untuk sedimen tersuspensi dapat menghambat pertumbuhan karang.Selain itu, sekitar 400.000 tahun yang lalu ada periode interglasial khususnya hangat dengan permukaan air laut lebih tinggi dan 4 ° C (7 ° F) air perubahan suhu. Great Barrier Reef jelas terlihat dari pesawat terbang di atasnya. Heron Island, sebuah pulau karang di Great Barrier Reef selatan.


Pulau Heron <Heron Island>

Tanah yang membentuk substrat dari Great Barrier Reef saat ini adalah dataran pantai yang terbentuk dari sedimen terkikis dari Great Dividing Range dengan beberapa bukit yang lebih besar ( beberapa di antaranya adalah diri sisa-sisa terumbu tua atau gunung berapi ). Reef Research Centre, Koperasi Pusat Penelitian, telah menemukan simpanan 'tulang' karang yang tanggal kembali setengah juta tahun. 


Terumbu karang yang masih Alami


The Great Barrier Reef Marine Park Authority (GBRMPA) mempertimbangkan bukti awal struktur terumbu lengkap untuk telah 600.000 tahun yang lalu. Menurut GBRMPA., struktur, terumbu karang yang hidup saat ini diyakini mulai tumbuh pada platform yang lebih tua sekitar 20.000 tahun yang lalu. The Australian Institute of Marine Science setuju, menempatkan awal pertumbuhan terumbu saat ini pada saat maksimum Es Terakhir. Pada sekitar waktu itu, permukaan laut adalah 120 meter (390 kaki) lebih rendah daripada sekarang ini. 
Dari 20.000 tahun yang lalu sampai 6.000 tahun yang lalu, permukaan laut naik terus.Seperti naik, maka karang dapat tumbuh lebih tinggi pada bukit-bukit dataran pantai.Dengan sekitar 13.000 tahun yang lalu permukaan laut hanya 60 meter (200 kaki) lebih rendah dari hari ini, dan karang mulai tumbuh di sekitar bukit-bukit dataran pantai, yang, saat itu, pulau-pulau kontinental. Ketika permukaan laut naik lebih jauh lagi, sebagian besar pulau benua yang terendam. Karang kemudian bisa tumbuh terlalu cepat bukit-bukit, untuk membentuk cays sekarang dan terumbu karang.permukaan laut di sini tidak meningkat secara signifikan dalam 6.000 tahun terakhir. CRC Reef Research Centre memperkirakan umur struktur, terumbu hadir tinggal di 6-8,000 tahun. 
Sisa-sisa terumbu penghalang kuno mirip ke Great Barrier Reef dapat ditemukan dalam The Kimberley, sebuah wilayah utara Australia Barat.   

Hewan di dalam Great Barrier Reef


Great Barrier Reef World Heritage Area telah dibagi menjadi 70 bioregions, terdiri dari 30 orang bioregions terumbu. Di bagian utara Great Barrier Reef, terumbu karang pita dan delta telah terbentuk;. Struktur-struktur ini tidak ditemukan pada seluruh sistem karang. Tidak ada atol dalam sistem, dan terumbu melekat ke daratan jarang.. 
Terumbu Karang di Great Barrier Reef


Terumbu karang wilayah yang cukup luas, tetapi yang paling umum terhadap bagian selatan Great Barrier Reef, yang melekat pada pulau-pulau yang tinggi, misalnya, Kepulauan Whitsunday. Terumbu lagoonal ditemukan di Great Barrier Reef selatan, dan di utara, di lepas pantai Teluk Princess Charlotte. Terumbu Cresentic adalah bentuk paling umum dari terumbu karang di tengah sistem, misalnya terumbu sekitarnya Lizard Island. terumbu Cresentic juga ditemukan di ujung utara Great Barrier Reef Marine Park, dan di Terumbu Swain (20-22 derajat selatan). Terumbu Planar ditemukan di bagian utara dan selatan, dekat Cape York Peninsula, Putri Charlotte Bay, dan Cairns. Sebagian besar pulau-pulau di terumbu karang ditemukan di terumbu planar.



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar